My Marvell

Admin Web FIB UB

Tips menggemukan badan

Tidak semua orang ingin menurunkan berat badan. Sebagian di antara kita ada yang merasa badannya terlalu kurus dan ingin agar badannya lebih berisi. Ternyata menggemukkan badan tidak semudah yang dikira.

Tips menggemukan badan Secara Umum

Tentunya, menggemukkan badan harus dengan cara yang sehat. Anda perlu menambah asupan makanan, namun perlu selektif memilihnya. Berikut ini tips menggemukan badan yang bisa Anda ikuti.

1. Masukkan lebih banyak kalori. Rata-rata kebutuhan kalori untuk aktivitas sedang adalah 2.200 kalori untuk pria dan 1.900 kalori untuk wanita. Anda perlu menambahkan 1.000 kalori tambahan setiap hari untuk menambah berat badan setengah kilo dalam seminggu. Makan dalam porsi besar setidaknya lima kali sehari atau makan porsi besar tiga kali sehari, dan makanlah snack dua hingga tiga kali di antaranya. Jika aktivitas Anda tergolong berat, maka Anda membutuhkan tambahan kalori lebih banyak.

2. Pilihlah susu, shake atau jus buah daripada kopi, teh atau soda. Fokuskan kepada jenis makanan berikut ini.

  • Roti gandum lebih bergizi. Potong dalam ukuran besar lalu oleskan selai, madu, atau krim.
  • Pilih sayuran yang mengandung tepung. Misalnya kentang, kacang polong, jagung, wortel, lobak.
  • Pilih buah-buahan padat. Misalnya pisang, pir, nanas, dan apel.
  • Pilih sup yang mengandung krim.
  • Tambahkan minyak dalam masakan. Minyak yang sehat adalah minyak zaitun, minyak kelapa, minyak canola, dan mentega.
  • Tambahkan topping pada pizza, roti, es krim, crackers dan menu lain kegemaran Anda. Topping berkalori tinggi misalnya minyak zaitun, krim keju, mentega, mayones.      

3. Hindari makanan berkalori tinggi yang tidak sehat, terutama yang mengandung lemak trans. Misalnya fastfood, kue, daging olahan, dan snack-snack yang dijual di pasaran.

4. Olahraga. Olahraga dapat melancarkan metabolisme tubuh dan merangsang nafsu makan.

5. Makan lebih banyak protein. Makanan berprotein tinggi dan rendah lemak di antaranya ikan tuna dan seafood lainnya, dada ayam, buah, dan sayuran. Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.

6. Siapkan camilan kacang. Kacang adalah camilan sehat sehingga Anda tidak perlu khawatir.

7. Minum air putih lebih dari delapan gelas sehari. Air diperlukan untuk energi yang akan digunakan menambah berat badan.

8. Minum susu minimal dua gelas sehari.

9. Tidur yang cukup dan teratur. Tips yang satu ini tampak mudah, namun sering diabaikan. Tidurlah minimal delapan jam setiap hari, terutama pada malam hari.

10. Jika diperlukan, tambahkan suplemen nutrisi khusus untuk menambah berat badan.

Nah, kunci penting dari semua tips di atas adalah Anda harus disiplin, konsisten, dan sabar dalam program menggemukkan badan. Tubuh hanya akan merespon perubahan bila Anda konsisten. Penambahan berat badan memerlukan waktu, jadi jangan cepat menyerah.

Tips menggemukan badan- Pikiran Tenang

Selain mengonsumsi makanan, pikiran tenang adalah satu tips menggemukan badan. Kenapa demikian? Jawabannya, karena pikiran yang tidak tenang sangat berpotensi menimbulkan penyakit. Bila sudah sakit, maka tubuh pun tidak sehat. Dan sudah jamak diketahui, bahwa orang sakit sulit makan. Sulit sekali bisa gemuk, jika makan saja jarang dilakukan.

Nah, pikiran menjadi bagian terpenting dari menggemukkan badan. Pikiran tenang di sini, bukan seperti tidak ada yang dipikirkan. Ini cara berpikir orang yang awam yang tinggal di pedesaan. Yang dimaksud dengan pikiran tenang adalah tidak stress. Jika stress maka sulit sekali bisa gemuk. Meskipun ada sebagian orang, ketika stress melanda, ia menjadi orang yang banyak makan. Namun tetap saja badannya tidak gemuk.

Karena itu, selain asupan makanan dibutuhkan, juga asupan pikiran tenang. Jika ada masalah, hadapi dengan tenang. Bukan tidak dipikirkan, tapi jangan terlalu difokuskan. Carilah jalan keluar yang meman mungkin dilakukan, dan usahakan untuk mencari jalan keluarnya dengan berbagi kepada orang lain. Dengan masukan dari pendapat orang lain, maka pikiran pun terkadang menjadi tenang. Otomatis, Anda tetap dalam kondisi sehat, secara fisik dan psikis.

Tips menggemukan badan- Utarakan dengan Menulis

Banyak orang tidak percaya, bahwa menulis bisa juga membantu proses penggemukkan badan. Tentu saja, bukan sekedar menulis. Menulis yang dimaksud adalah, menulis tentang proses penggemukkan badan yang diinginkan. Ungkapkan setiap hari dalam lembar kertas atau dalam microsoft word Anda tentang proses demi proses yang Anda lakukan untuk menggemukkan.

Lakukanlah proses ini selama 40 hari terlebih dahulu, setelah itu maka Anda akan melihat hasilnya. Badan Anda bakal gemuk. Anda bakal tidak menyangka mengapa menulis bisa membantu Anda untuk menggemukkan badan.

Sekali lagi penulis ingatkan, tulislah tentang apa saja yang Anda makan untuk mengemukkan badan. Akan lebih baik lagi, bila juga Anda juga di dalam tulisan tersebut mencantum keterangan-keterangan para ahli mengenai manfaat makanan yang dimakan. Apakah memang bisa membantu proses penggemukkan badan atau tidak.

Atau, Anda juga bisa menulis dengan bertanya kepada diri? Sudah berapa jauh proses penggemukkan badan yang dilakukan? Timbulkan pertanyaan demi pertanyaan. Maka tanpa Anda sadari akan muncul jawaban yang membantu Anda untuk bisa gemuk. Ini realita dan bisa dipraktekkan.

Tips menggemukan badan- Lakukan Selalu Afirmasi dan Visualisasi

Tips ini memang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Apalagi, bagi mereka yang selalu ingin melakukan sesuatu dengan proses ilmiah. Ini memang cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang otak kanan. Yang mereka lakukan adalah action, dari sekedar teori.

Proses afirmasi adalah proses pernyataan positif yang bisa dituangkan dalam tulisan atau diucapkan secara lisan. Sedangkan visualisasi adalah proses penggambaran terhadap hal yang diinginkan.

Jika Anda ingin menggemukkan badan, maka ucapkanlah selalu kata-kata positif yang mengarah kepada proses penggemukkan. Setelah itu, bayangkan seperti apa gemuk yang Anda inginkan. Di sini, akan terjadi proses kerja alam bahwa sadar dan alam sadar.

Contoh afirmasi yang bisa membantu menggemukkan badan “Ya Allah atas kuas dan kehendak-Mu daya kekuatan energi murni masuk dan meresap dalam tubuh hamba, mengalir ke dalam setiap sel tubuh dan aliran darah, menggemukkan badan Anda. Ya Allah, atas kuasa dan kehendak-Mu sekarang juga terjadilah…”

 Atau bisa juga dilakukan dengan mengatakan, “Ya Allah, hamba bersyukur hari ini bisa menikmati makanan-makanan yang Kau berikan. Hamba berharap kepada-Mu jadikanlah makanan-makanan tersebut membantu proses penggemukkan badan hamba. Hanya dengan keizinan-Mu ya Allah hamba bisa memiliki badan yang gemuk. Jadikanlah ya Allah hamba Gemuk.”

Setelah itu, bayangkanlah postur gemuk yang Anda impikan. Lakukanlah proses ini sebelum tidur. Mungkinkah ini terjadi? Tentu saja sangat mungkin. Karena Allah sangat suka kepada hamba-Nya yang bersyukur. Dan Dia sudah berjanji, jika hamba-Nya bersyukur maka akan ditambahkannya nikmat.

Salah satu nikmat yang diharapkan orang yang kurus adalah ingin memiliki tubuh yang gemuk. Bukan tidak mungkin Allah mengabulkan keinginan Anda untuk gemuk.

Namun, bila Anda sulit membayangkan gemuk seperti apa yang Anda inginkan. Bisa juga dilakukan dengan melihat postur gambar gemuk yang diinginkan. Di mana mencarinya? Semua itu bisa dicari melalui foto-foto yang ada di google. Atau, jika bisa menggambar atau melukis, maka gambarlah tubuh Anda.

Cukupkah dengan membayangkannya ketika melakukana afirmasi saja? Bisa jadi cukup dan bisa jadi juga tidak cukup. Lantas bagaimana caranya? Anda boleh memprint foto tersebut lalu pasang di setiap sudut ruangan biasa dilalui.

Jika dikantor malu untuk memasangnya, maka pasanglah ketika di setiap ruangan kamar Anda. Bila ada waktu luang, maka perhatikan gambar tersebut. Bayangkan memang tubuh Anda sudah seperti yang diinginkan.

Tak hanya itu juga, Anda pun sudah bisa menyiapkan baju-baju ukuran yang cocok dengan ukuran tubuh gemuk yang Anda inginkan. Secara logika, ini cukup sulit. Namun secara hukum alam bawah sadar maka ini sangat mungkin sekali terjadi.

Di dalam buku “Dahsyatnya Life Hypnosis” dikisahkan tentang seseorang yang ingin bekerja di Bank. Ia terus berusaha untuk bisa menjadi karyawan Bank. Ia awali dengan melakukan afirmasi dan visualisasi. Selain itu, ia pun menyiapkan pakaian layaknya pegawai Bank. Setiap pagi, ia bangun seperti orang yang sedang siap-siap ingin bekerja di kantor Bank. Ia pun belajar bagaimana menjadi pegawai Bank yang ramah dengan nasabah

Ternyata, tiga bulan kemudian, ia mendapat panggilan untuk interview dan langsung dinayatakan lulus dan dapat bekerja.

Jadi, selain mengonsumsi makanan yang cocok untuk menggemukkan badan, juga harus melakukan proses afirmasi dan visualisasi. Semoga tips menggemukan badan ini bermanfaat untuk Anda.  

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.