My Marvell

Admin Web FIB UB

Cara menangani komentar SPAM pada blog

Pengenalan SPAM

Pengertian Spam menurut wikipedia adalah system pesan elektronik yang mengganggu karena tidak diinginkan (termasuk kebanyakan media massa dan system pengiriman digital) yang terkirim secara massal tanpa diskriminasi.

Namun pengertian Spam secara harfiah adalah sampah, Atau sesuatu yang tidak kita inginkan berada di tempat kita (blog, email, situs, dll). Pengertian komentar spam adalah komentar mengganggu yang dikirim ke banyak blog. Pengertian Spammer adalah orang yang melakukan atau mengirimkan komentar SPAM.

Untuk dapat dikatagorikan menjadi spam, sebuah komentar harus yang tidak diminta dan termasuk bulk.

  1. Tidak diminta. Berarti bahwa kita tidak secara eksplisit meminta untuk menerima komentar yang tidak berhubungan dengan artikel di blog kita.
  2. Bulk berarti bahwa komentar tersebut sama atau hampir sama dengan yang dikirim ke banyak blog lain.

Surat Untuk WordPress

Saya senang dengan pihak wordpress.com, karena setiap saya bertanya melalui technical support selalu dibalas dengan baik misalnya tentang menampilkan daftar pelanggan blog. terakhir saya bertanya mengenai SPAM ini :

I am wordpress.com users. i complained about the amount of spam comments on my blog. I think maybe because there was no captcha on the comment form wordpress.com and just rely on plugins akismet.

Thank you for your attention may have the solution

Dijawab oleh pihak wordpress.com via email :

Hi,
So sorry about the continuing issue you’re experiencing with spam comments.
Akismet, the spam filter system behind WordPress.com, is currently stopping 18 million spams a day.
http://akismet.com/stats/
It is doing everything it can, but it also needs your help to keep learning as the spammers change tactics.

Please refer to this support documentation for some information on how to deal with comment spams.
http://en.support.wordpress.com/unwanted-comments/

Thanks for your feedback.

Naoko
Happiness Engineer
WordPress.com | Automattic
http://support.wordpress.com | http://en.forums.wordpress.com

Solusi yang diberikan

  1. Dalam menangani komentar spam, wordpress.com sudah bekerja sama dengan akismet.
  2. Sedangkan jika anda menggunakan CMS wordpress dan menginstall nya di hosting, anda bisa menggunakan plugins “Peter’s Custom Anti-Spam” seperti yang sudah saya terapkan dalam toko online perjuangan

Setting komentar wordpress

Dalam artikel panduan yang diberikan oleh pihak wordpress.com bisa kita terapkan beberapa settingan :

  1. Login masuk ke dashboard wordpress
  2. Pilih menu Settings>Discussion
  3. Pada bagian Default article settings biarkan semua pilihan ter ceklist
  4. Pada bagian Other comment settings yang saya setting atau ceklist adalah
  5. Comment author must fill out name and e-mail, artinya kita menghendaki user untuk menginput nama dan email saat mengisi komentar.
  6. Enable threaded (nested) comments levels deep saya memberi nilai input 2, artinya saya atau user yang lain di ijinkan untuk reply atau membalas komentar hanya dalam 2 level.
  7. Break comments into pages with saya memberi nilai input 25, artinya jika sudah terlalu banyak komentar dalam sebuah artikel yg kita posting, maka sistem akan menampilkan 25 komentar perhalaman. seperti yang sudah saya terapkan di halaman buku tamu
  8. Users must be registered and logged in to comment artinya user di haruskan login ke account wordpress terlebih dahulu sebelum memberikan komentar ke blog kita. saya tidak menggunakan atau menceklis ini karena khawatir menyulitkan teman-teman yang ingin memberikan komentar atau sekedar ingin bertanya.
  9. Pada bagian E-mail me whenever biarkan semua pilihan ter ceklist agar sistem selalu mengirim email jika ada komentar yang masuk atau ada reply komentar.
  10. Pada bagian Before a comment appears saya menceklist Comment author must have a previously approved comment. artinya admin atau penulis hanya sekali mengapprove komentar dari user agar komentar tersebut ditampilkan. untuk selanjutnya komentar dari user yang sama tidak perlu di approve lg karena sudah “dikenali” sebelumnya.

Itulah settingan komentar yang saya anggap penting dalam blog wordpress. sedangkan untuk setingan yang lain bisa dibaca di artikel panduannya.

sekian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.